Ide Resep Masak Pecak Ikan

Ide Resep Masak Pecak Ikan Apa kabar Bunda Cantik Sahabat Ide Resep Masak, Pada Kesempatan kali ini, redaksi Ide Resep Masak mengulas artikel dengan Judul Ide Resep Masak Pecak Ikan. Kami telah mengulas resep menarik dan lezat dan tentu saja mudah untuk dicoba serta dipraktekkan sendiri oleh Bunda di rumah. Semoga ide resep masak kali ini bermanfaat untuk Bunda jadikan pedoman contoh dalam menyediakan hidangan masak untuk keluarga tercinta di rumah. Oke, Langsung saja simak ulasannya berikut ini..

Judul Artikel: Ide Resep Masak Pecak Ikan

lihat juga


Ide Resep Masak Pecak Ikan

Ide Resep Masak Pecak Ikan
Ide Resep Masak Pecak Ikan
Terima kasih mom @dapurwafda atas ide resep masaknya.

PECAK IKAN
By @dapurwafda

Kemaren abis walimatussafar, bikin ginian buat tamu. Favorite banget dirumah kalo makan ikan diginiin. Sama di pesmol juga sih. Pokoknya mah hayu dicoba. Ini resepnya udh pernah di share yaaa. Diganti ikannya aja 🐟🐠🐡.

-----------------------------------
PECAK IKAN.
Sumber: Just try and taste

Bahan:
2 ekor ikan bawal, kerat-kerat badannya (aku ganti pake 1/2kg ikan nila)

Bumbu untuk ikan goreng (dihaluskan)
2 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdt ketumbar
1 ruas kunyit
(Untuk bumbu ikan gorengnya aku cuma pake garam, ketumbar bubuk sama kunyit bubuk. Kayaknya lebih praktis lagi kalau pake bumbu instant sejenis royco sih 😁).
.
.
Bumbu kuah pecak, tumbuk kasar:
5 cabai merah keriting
10 cabai rawit merah
8 bawang merah
5 bawang putih
2 ruas jahe
2 batang serai
1 ruas kunyit
1 1/2 sdt terasi bakar
.
Bahan lainnya:
3 lembar daun jeruk purut
3 lembar daun salam 
2 ruas lengkuas, memarkan 
200 - 300 ml air (tergantung kental dan encernya kuah yang anda inginkan)
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 1/2 sdm gula Jawa disisir
2 sdm air asam Jawa
1 buah tomat, iris tipis
2 sdm minyak untuk menumis.
.
Cara membuat:
1. Siapkan ikan bawal, buat beberapa sayatan di permukaan badannya. Lumuri dengan bumbu halus untuk ikan di seluruh bagian ikan dan bagian rongga perutnya. Diamkan selama 10 menit. Goreng dalam minyak panas yang agak banyak hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
.
Membuat kuah pecak:
1. Siapkan wajan atau panci kecil, panaskan dua sendok makan minyak. Tumis bumbu yg ditumbuk kasar, daun jeruk, daun salam dan lengkuas, hingga harum dan bumbu tidak pucat lagi warnanya. Tuangkan air dan masak hingga mendidih.

2. Tambahkan kaldu bubuk, merica bubuk, garam, gula jawa dan air asam, aduk rata. Masak hingga sambal mengental, masukkan irisan tomat, aduk dan matikan api kompor.

3. Cicipi rasanya, tambahkan gula dan garam untuk menyesuaikan rasa. Jika ingin kuah lebih encer, tambahkan air. 

4. Letakkan ikan bawal goreng di piring saji, siram dengan kuah pecak. Santap selagi ikan hangat dan crispy dengan nasi panas. Yummy!



Demikianlah Mom Ide Resep Masak Pecak Ikan

Ulasan Ide Resep Masak kita kali ini Ide Resep Masak Pecak Ikan, Semoga bermanfaat bagi Bunda dalam menyusun hidangan lezat untuk keluarga tercinta.

Bunda sedang membaca Ide Resep Masakan Ide Resep Masak Pecak Ikan Link Tautan Resep ini adalah https://ideresepmasakbunda.blogspot.com/2018/03/ide-resep-masak-pecak-ikan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ide Resep Masak Pecak Ikan"

Posting Komentar